Ringkasan Proyek

Scraptify adalah sebuah aplikasi web yang memfasilitasi mahasiswa IPB untuk melakukan transaksi jual-beli barang bekas. Aplikasi web ini memiliki fitur menjual dan membeli barang dengan media pembayaran secara tunai (cash on delivery) dan non-tunai (transfer).


Latar Belakang

Barang bekas merupakan barang yang sudah tidak terpakai oleh pemiliknya namun masih memiliki nilai pakai. Walaupun cenderung lebih sering dibuang, barang bekas dapat digunakan kembali dan memiliki nilai jual. Tak hanya populer di kalangan masyarakat umum, jual beli barang bekas juga merupakan hal yang familiar di kalangan mahasiswa terutama dari kalangan menengah kebawah yang membutuhkan barang dengan harga terjangkau. Banyak barang yang sudah tidak digunakan ditemukan di kalangan mahasiswa seperti alat praktikum, buku cetak, hingga perabotan kos yang ditinggalkan oleh alumni. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Carousell Indonesia, 75% masyarakat Indonesia memilih menghasilkan uang tambahan melalui penjualan barang bekas. Sebab itu bermunculan beberapa akun sosial media yang menawarkan forum jual beli barang bekas antar mahasiswa. Sayangnya cara seperti itu tidak terlalu memberi dampak karena tidak banyak mahasiswa yang mengetahui akun tersebut. Sementara itu masih banyak mahasiswa yang membutuhkannya, apalagi barang bekas dapat dibeli dengan harga yang terjangkau. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah media yang dapat memberi ruang antara penjual dan pembeli untuk berniaga barang bekas di kalangan mahasiswa.

Target Pengguna

Mahasiswa Aktif dan Alumni IPB

Tujuan

  • Memberi ruang mahasiswa untuk melakukan transaksi jual-beli barang bekas.

  • Memenuhi kebutuhan dan keperluan mahasiswa dengan harga yang terjangkau.

  • Meminimalisir terbuangnya barang yang secara fungsi masih layak digunakan.

  • Memberi kemudahan kepada mahasiswa yang perekonomiannya terhambat untuk memiliki barang.


Ruang Lingkup

  1. Perangkat Keras

  • Processor : Intel Core i5-8300H

  • Memory : 16GB

  • Graphics Card : Nvidia GTX 1050 Mobile

  • Storage : 1TB

  1. Perangkat Lunak

  • Operating System : Windows 10

  • Text Editor : Visual Studio Code

  • Framework : React.js, Laravel

  • Database, Server : PostgreSQL

  1. Lainnya

  • Version Control and Collaboration Platform : Github

  • Teknologi : CSS/HTML, Javascript, dan PHP

User Stories

  • Sebagai pengguna yang telah log out, agar dapat menggunakan aplikasi secara personal, saya dapat mengetikkan alamat email dan kata sandi saya untuk masuk ke aplikasi. (Fitur Login)

  • Sebagai pengembang aplikasi, agar dapat melihat statistik penggunaan aplikasi, saya dapat melihat data untuk melihat statistik pengguna.

  • Sebagai mahasiswa yang membutuhkan barang tertentu, saya dapat login ke situs dan melihat-lihat barang yang dijual lalu membelinya. (kaya ada timeline gitu ga sih?)

  • Sebagai pengguna, agar dapat melakukan pembayaran, saya dapat menentukan metode pembayaran COD.

  • Sebagai pembeli, agar barang yang didapat terjamin kualitasnya, saya dapat memilih untuk mengonfirmasi barang atau mereturn.

  • Sebagai penjual, agar dapat menjelaskan produk yang akan dijual, saya dapat menuliskan harga serta deskripsi barang yang akan saya jual.

  • Sebagai pengguna, agar dapat melakukan negosiasi barang yang akan saya dibeli, saya dapat melakukan percakapan dengan penjual (kalo mau gampang link wa number atau line)

  • Sebagai pengguna, agar orang lain melihat performa penjualan dari penjual, saya memasukan review barang yang telah saya beli (Review Barang)

  • Sebagai pengguna, agar memudahkan saya mencari barang yg saya cari, saya dapat memilih kategori barang yg saya cari (Fitur Category)